Monday, May 05, 2014

Home Made Tomato Sauce

Ceritanya, beberapa hari lalu, saya ketempatan jadi host arisan di rumah buat pertama kalinya. Jelas bingung, lah. Masak apa, ya? Karena saya kan jarang masak besar. Biasanya juga tumis-tumis doang. Rasanya pun kadang ngaco. Yang penting tolerable deh, buat lidah saya. Walau suami saya suka meringis makan masakan saya. Haha. Entah itu keasinan atau kemanisan. Tetep buat dia mah enak. Ah. I love my husband so much. Wakakaka...

Selama bertahun-tahun, ibu saya sering jadi host arisan di rumah. But to tell you the truth, saya ga pernah bantuin, karena selalu ada asisten dadakan yang sengaja didatengin ke rumah buat bantuin. Sementara ibu saya demen masak, main course arisan itu pastinya masakan berat dan susah menurut saya. Misalnya aja, lontong kari, soto ayam, dan masih banyak lagi, deh. Mewah pokoknya. Dan yang jelas: repot. Hihihi...

Bukan ga mau repot, sih. Cuma gimana. Saya kan bukan stay-at-home-mum. Jadi, saya kudu nyiapin semuanya setelah hari kerja saya yang lumayan melelahkan #apabanget

Lalu, setelah bingung, terlintaslah sebuah menu yang lumayan gampil. Apa lagi kalo bukan Spaghetti Bolognaise. Lalu, apa istimewanya di main course yang saya hidangkan kali ini? Saya nggak pake saus tomat botolan. Kali ini saya pengen menyuguhkan masakan sederhana (ya sederhana cara bikinnya, ga pake ribet) tapi beneran dari hati. Tsaaaah. Jadi, saya buat sendiri saus tomatnya. Caranya pun gampil. Saya belum punya blender atau food processor, maklum, baru nangkring di dapur lagi setelah bertahun-tahun malas. Jadi, resep yang ini bisa dipraktekkin sama kalian yang cuma punya panci, kompor, garpu ama pisau doang. Heuheu...

Ini penampakan home made saus tomat bikinan saya buat yang pertama kalinya:





Gimana? Cakep, ga? Itu fotonya ga pake filter, loh. Heuheu... 

Jadi, mesti nyiapin apa, dong?

Buat jadi semangkuk di atas, saya siapin...

500 gram tomat merah
air buat merebus tomat, kira-kira aja, deh, ya
kompor (tentu kita perlu kompor buat memanaskan panci. tapi kalo tega pake rice cooker juga gapapa, sih. asal ntar sering dilihat aja)
100 gram gula pasir (kemarin saya pakai 150 gram, ternyata kemanisan. tapi bebas aja, sih, suka-suka selera masing-masing aja)
garam sesuka hati
2 sdm tepung maizena dilarutkan dalam 5 sdm air

Bahan additional:
Bawang bombay dichop halus
Bawang putih dichop halus

Nah, simpel kan bahannya?

Ini cara pembuatan dasarnya: didihkan air, lalu masukkan tomatnya. Ga perlu terlalu lama merebusnya, sih, yang penting sampai si kulit tomat bisa dikelupas aja. Matikan api, angkat tomatnya, kelupas kulitnya. Hati-hati, ya, panas, soalnya.
Nah, berhubung saya ga punya blender atau food processor, jadi, si tomat saya taruh di atas saringan, di bawahnya ditadahi mangkuk buat nampung. Hancurkan tomat tadi pakai garpu, jadi nanti tomat bagian cair masuk ke mangkuk. Lakukan sampai tomat habis. Nah, sisa tomat yang ga ikut hancur, sih, nggak saya buang, tapi saya masukkin ke tomat cairnya. Biar teksturnya cakep.

Siapin kuali, masukkan tomat yang udah dihancurkan tadi, masak sampai meletup-letup di api sedang aja. Sesekali diaduk. Masukkan garam dan gula. Nah, kalo udah mengental, masukkan deh itu larutan tepung maizena. Aduk, sampai meletup-letup. Matikan api, saus siap dipakai.

Gimana dengan bahan additional?

Tumis bawang putih sampai harum, masukkan bawang bombay, sampai harum juga, lalu masukkan adonan tomat sampai meletup. Kalo ditambahin oregano leaves pas udah meletup dan diaduk sebentar, jadi deh, saus dasar pizza. Yum!

Ada lagi sih, cara lain biar ga perlu dihancurin pakai saringan. Bisa cuma dipotong kecil-kecil gitu tomatnya setelah kulitnya dikeletekin. Dimasak dengan cara yang udah dijabarin di atas tadi.

Gimana? Gampil banget, kan?

Oya. Ada catatannya nih. Karena ini alami banget, kadang tomat tuh ga merah banget. Jadi sausnya ga semerah saus tomat botolan. Jadi, jangan kecewa ama hasil saus tomat buatan sendiri kalo emang ga semerah saus tomat botolan. Kan ga pake pewarna. Kalo ditanya tahan sampai berapa lama, terus terang saya belum pernah bereksperimen nyimpan lama, karena semangkuk itu langsung saya buat saus spaghetti buat main course konsumsi arisan kemarin. Heuheu. Ada yang mau mencoba? 

Tapi kalo pengen nyimpan sih, baiknya di botol kaca dan di dalam kulkas aja, kali, ya :D

Selamat mencoba, deh...

Horeee! Akhirnya punya bahan apdet blog masak! *dance*

Salam,
~Peni~


No comments: