Wednesday, April 29, 2009

Nasi Uduk


Yeah.. akhirnya, saya berhasil masak nasi uduk! Ternyata mudah aja, ya... hehe...

Bahan yang saya gunakan:

1/2 liter beras

100 ml santan kental (saya pake yang bermerk)
100 ml air
bumbu tambahan instan (bisa Royco, Masako, you name it), ga pake juga ga apa-apa garam secukupnya
gula pasir, terserah (kalo ga pake bumbu tambahan instan, pake gula wajib hukumnya, biar lebih gurih)
3 buah bawang merah
2 siung bawang putih

1 batang serai

1 lembar daun salam

Minyak sayur untuk menumis


Proses bikin nasi uduknya begini...
Haluskan bawang merah, bawang putih dan garam... kemudian geprek serai dan letakkan daun salam. Panaskan minyak sayur, tumis bumbu halus bersama serai dan daun salam hingga harum, masukkan gula atau bumbu tambahan instan, tumis terus dan masukkan air aduk terus, terakhir masukkan santan. Matikan api.


Saya pakai magic jar, jadi lebih gampang masaknya. Beras yang sudah dicuci, dituangi air dan santan dengan bumbu tumis tadi. Pastikan air sudah seukuran satu buku jari kita. Kalo belum, ya boleh ditambahi air sedikit. Jangan lupa buat dicicip gitu, kalo kurang garam kan bisa diantisipasi sebelum nasi matang.

Masak, deh. Nah, ketika setengah matang, aduk ya, adonan nasinya, supaya bumbunya merata. Udah, deh, tunggu aja sampai matang.


Biar lebih oke, cetak nasi dan letakkan di piring. Taburi bawang goreng dan daun kemangi. Bisa disajikan bersama telur dadar yang diiris tipis atau ayam kecap panggang. Saya akan posting resep ayam kecap panggang, ntar tapinya... hehe...


Selamat mencoba....


No comments: